4.6 C
New York
02/03/2024
Gaya Hidup

BII dan Maybank Foundation Lestarikan Seni Budaya Melayu

MEDAN (Pos Sore) — Mempertahankan nilai-nilai budaya patut diwujudkan oleh setiap anak bangsa tidak terkecuali pihak swasta sebagai mitra pemerintah dalam program pembangunan. Salah satu institusi swasta yang tergerak untuk mempertahankan nilai-nilai budaya itu adalah PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) yang bersama Maybank Foundation melaksanakan serangkaian kegiatan corporate social responsibility (CSR) untuk Istana Maimun, Medan, Sumatra Utara.

Hal itu diwujudkan dalam satu komitmen untuk mendukung festival seni dan budaya tahunan yang diselenggarakan tiga tahun mendatang bersamaan dengan hari jadi Istana Maimun yang jatuh pada bulan Agustus. Istana Maimun, yang didirikan pada 1888 merupakan cagar budaya peninggalan Kesultanan Deli, yang melambangkan kekayaan pertautan budaya Melayu dan Indonesia.

Oleh sebab itu pihak BII melaksanakan serangkaian kegiatan termasuk penanaman pohon sebagai bagian dari upaya penghijauan area di sekitar istana dan restorasi taman istana, mengecat dinding, dan aksi kebersihan lainnya di Istana Maimun pada akhir minggu lalu. Pihak BII juga melibatkan murid-murid sekolah dasar (SD) sebagai wujud dukungan di bidang pendidikan, BII dan Maybank juga menyerahkan buku bacaan bagi perpustakaan di sekolahnya.

Disamping itu, dengan menggandeng kaum wanita yang tergabung dalam Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPUK), BII dan Maybank Foundation menggelar hasil kerjainan tenun tradisional Sumatera Utara.

“Serangkaian kegiatan CSR yang kami lakukan bagi Istana Maimun pada dasarnya selaras dengan misi Maybank Group, humanising financial services across Asia, khususnya untuk berada di tengah komunitas dengan mendukung upaya pelestarian kesenian dan budaya di lingkungan operasional Maybak, termasuk di Indonesia,” kata Presiden Direktur BII, Taswin Zakaria.

BII dan Maybank Foundation juga melaksanakan kegiatan CSR di bidang pendidikan dan konservasi lingkungan diangtara melalui pemberian beasiswa penuh (full scholarship) kepada anak-anak dari keluarga pra-sejahtera di 33 provinsi di Indonesia untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi terkemuka yang direkomendasikan di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Sedangkan di bidang koservasi lingkungan, dilaksanakan konservasi harimau Sumatra di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo bersama World Wide Fund for Nature Indonesia (WWF-Indonesia). (hasyim husein)

Leave a Comment