4.6 C
New York
02/03/2024
Aktual Gaya Hidup

Bercerita Pada Anak, Asah Kemampuan Berbicara

Banyak orangtua muda di zaman sekarang yang saling sibuk bekerja demi memenuhi kebutuhan rumah tangga. Kondisi ini berujung pada kurangnya waktu berkualitas dengan anak. Jangankan bermain bersama, bertemu si kecil dalam keadaan terjaga saat pulang ke rumah, rasanya sudah cukup melegakan.

Jangan membiarkan ini terjadi. Ritual semacam ini akan membuat si kecil, sulit berbicara. Begitu, hasil studi yang dilakukan American Academy of Pediatrics menyebutkan anak yang sedikit mendengarkan kata-kata, bisa memperlambat kemampuan berbicara mereka. Jika dibiarkan berlarut-larut bisa menghambat kemampuan belajarnya kelak.

Para peneliti mengatakan, untuk menghindari buah hati sulit bicara, ada cara paling ampuh, yakni rutin membacakan buku atau bercerita pada anak dengan suara yang lantang dan artikulasi yang jelas, terutama saat mereka hendak tidur.

Rutinitas ini harus dilakukan sejak bayi menginjak usia ke satu. “Bila para dokter merekomendasikan kepada orang tua tentang manfaat membacakan buku pada anak, ini sudah sangat membantu,” ungkap Patti Miller, Clinton Foundation and Next Generation, seperti dikutip CNN.

Miller mengatakan, bernyanyi bersama anak, juga bisa memperlancar kemampuan mereka dalam berbicara. Banyak orangtua yang menganggap aktivitas bersama anak, lebih kepada membangun hubungan yang hangat dan kepercayaan anak pada orangtua. Sebenarnya, manfaat lainnya jauh lebih penting dan krusial untuk fase tumbuh kembang si kecil. (tety)

Leave a Comment