4.1 C
New York
02/03/2024
Aktual

Berbagai Upaya Mengatasi Banjir

TANGERANG (Pos Sore) – Berbagai upaya dilakukan Pemda Kabupaten Tangerang untuk mengatasi banjir di Perumahan Binong Permai dengan cara pemasangan turap batu kali di titik titik pertemuan antara saluran rumah warga ke saluran utama pembuangan.
Terlihat dalam gambar sedang dilakukan pelebaran saluran dan persiapan pemasangan batu kali sepanjang kurang lebih 20 meter di areal blok EE 41 BP. Menurut keterangan salah seorang pelaksananya, hal yang sama juga akan dilaksanakan pada satu titik lain di tempat berbeda.
Sedikit disayangkan upaya tersebut dan dianggap kurang efektif, sebab tidak disertai dengan pengerukan saluran, serta turap batu kali direncanakan akan dipasang lebih tinggi dari bahu permukaan tanah.
Sementara saluran utama yang merupakan pembuangan telah mengalami pendangkalan dan dimungkinkan nantinya air akan berbalik, sehingga turap batu kali hanya berfungsi sebagai tanggul saja.
Menurut informasi dari beberapa warga, pengerukan saluran pembuangan utama akan dilaksanakan oleh pengembang salah satu cluster yang berdekatan dengan Perumahan Binong Permai di blok K, karena baik akses jalan maupun akses saluran drainase memanfaatkan fasilitas yang sudah ada yang telah disediakan Perumahan Binong Permai. Namun upaya pengerukan saluran tersebut sampai berita ini diturunkan belum terlihat realisasinya.
Diminta Pemda Kabupaten Tangerang agar tegas menindak pengembang tersebut, sehingga tidak melalaikan tanggung jawabnya. (Pandapotan)

Leave a Comment