20.3 C
New York
20/07/2024
Aktual Gaya Hidup

Aktivitas Fisik Outdoor Bersama Keluarga, Jangan Lupa Konsumsi Buah Kiwi

Ingin menciptakan keluarga hangat dan harmonis sekaligus terbebas dari berbagai penyakit? Nah, lakukan saja aktivitas fisik bersama keluarga di luar ruangan.

Aktivitas di outdoor ternyata bermanfaat mengurangi stres, tekanan darah, ketegangan otot, ‘memperbaiki’ detak jantung, dan meningkatkan mood. Beraktivitas di outdoor juga juga dapat mengurangi risiko yang berhubungan dengan penyakit kronis lho.

Spesialis Kedokteran Olahraga FKUI, Dr. Ade Jeanne DL Tobing, Sp.KO, menyebut, lingkungan outdoor semakin diakui sebagai tempat yang efektif untuk meningkatkan aktivitas fisik dan mengurangi sedentary atau kurang gerak di kalangan anak-anak dan remaja.

“Bagi anak-anak, melakukan aktivitas fisik bermanfaat bagi pertumbuhan, perkembangan, serta memperbaiki psikososial dan kesehatan mental. Selain itu, dapat meningkatkan motivasi anak dan remaja menjadi lebih aktif,” katanya dalam Media Workshop Zespri SunGold Kiwifruit, di Jakarta, Senin (2/6).

Yang harus diperhatikan, ketika di luar ruangan, cairan akan lebih banyak hilang. Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi. Buah yang kaya kandungan air, seperti buah kiwi, membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya, sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

Karenanya, ia mengingatkan, untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, tetap harus menjalankan ‘paket hidup sehat’. Yaitu dengan menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang dan bernutrisi, bersamaan dengan menjalankan gaya hidup aktif dengan aktivitas fisik khususnya di luar ruang.

“Aktivitas fisik tanpa nutrisi yang cukup tidak akan memberi manfaat yang maksimal, demikian pula sebaliknya,” terangnya.

Dikatakan, selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya, buah yang kaya vitamin C, seperti kiwi, sangat baik untuk dikonsumsi bersama di waktu keluarga, khususnya saat waktu bersama keluarga dilakukan di luar ruangan. Buah kiwi banyak mengandung air sehingga dapat tercegah dari dehidrasi.

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK, buah yang kaya vitamin C, seperti kiwi, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan keluarga. Vitamin C amat penting bagi kesehatan. Viamin yang mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas, meningkatkan sistem imun, dan mencegah berbagai penyakit.

“Mengonsumsi 1 hingga 2 kiwi per hari sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C per hari, yaitu 75 mg. Selain itu, dapat menghilangkan gangguan suasana hati dan depresi, serta meningkatkan kekuatan tubuh,” jelasnya dalam kesempatan yang sama.

Jika suasana hati lagi tidak baik atau bad mood, coba saja konsumsi buah kiwi. Dalam sejekap, suasana hati kembali ceria. Selain itu, asupan 2 buah kiwi terbukti meningkatkan kadar vitamin 9, vitamin E, dan skor mood dibandingkan asupan 1/2 kiwi perhari.

Berdasarkan penelitian, otak manusia dan sistem saraf membutuhkan nutrisi yang cukup untuk berfungsi secara optimal, yang kemudian mempengaruhi fisik dan psikologi seseorang. Penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan secara psikologis terhadap mereka yang diberikan multivitamin.

Kiwi Zespri SunGold, varian terbaru Zespri, diyakini dapat memenuhi mutivitamin yang dibutuhkan tubuh. “Buah kiwi Zespri SunGold bernutrisi tinggi dengan angka kecukupan nutrisi yakni 18,7 sehingga sangat baik dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga,” kata Deviana Nugraeni, Zespri Marketing Manager untuk Indonesia.

Angka kecukupan nutrisi tinggi ini terutama dihasilkan oleh kandungan vitamin 9 dan nutrisi lainnya, yaitu serat, folat, dan potasium. Keunggulan buah kiwi Zespri SunGold ini mengandung vitamin C tinggi, yaitu tiga kali lebih tinggi dibanding jeruk dan nutrisi 10 kali apel.

“Ini merupakan hasil pengembangan 10 tahun. Rasanya lebih manis saat buah lebih lunak, lezat dengan air buah melimpah, berukuran besar dengan bentuk oval yang sempurna, kulitnya pun lebih halus dibanding varian sebelumnya,” tambahnya. (tety)

Leave a Comment