11.4 C
New York
27/10/2024
Aktual Pendidikan

Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Polimedia Naik Dua Kali Lipat

JAKARTA (possore.id) — Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menunjukkan peningkatan pada peminatan di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) baik jalur prestasi dan jalur tes.

Pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2024, Polimedia diminati sebanyak 2.647 calon mahasiswa.  Ada peningkatan sebesar 1,9 kali lipat atau 1.222 calon mahasiswa dibanding tahun 2023.

Selaras dengan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) diminati 4.709 calon mahasiswa dengan peningkatan hingga 2,7 kali lipat atau 2.961 calon mahasiswa dibanding tahun 2023.

“Terdapat peningkatan peminatan yang signifikan yakni 2 kali lipat dari tahun 2023 ke 2024 pada jalur SNPMB saat ini,” jelas Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika saat berbincang dengan wartawan, Selasa 9 Juli 2024.

Peningkatan ini menunjukkan pilihan program studi di Polimedia semakin dilirik oleh calon siswa baik dari SMA, SMK, maupun MA.

Salah satu program studi yang mengalami peningkatan cukup tinggi ada di Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pengemasan yang sebelumnya masih di jenjang D3.

Peningkatan peminat juga terjadi pada D3 Fotografi yang mengalami peningkatan 8 kali lipat sejak sempat menurun pada tahun lalu.

“Beberapa prodi mengalami peningkatan yang sangat baik tahun ini, bahkan jalur SNBT kemarin, Polimedia termasuk 15 Politeknik dengan jumlah pendaftar terbanyak” jelas Tipri.

Selain itu, Polimedia juga termasuk 12 besar perguruan tinggi vokasi yang memiliki pendaftar dengan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi dengan rata nilai 524,3.

Menurutnya, capain tersebut menunjukkan kualitas pendaftar di Polimedia dapat mendukung lulusan yang terbaik pula nantinya.

“Input calon mahasiswa yang baik akan mengakselerasi kompetensi lulusan yang semakin baik juga,” ucap Tipri.

Berdasarkan rekapitulasi peminatan di SNPMB tiga tertinggi diminati yakni D4 Teknologi Rekayasa Multimedia sebanyak 733 peminat, D3 Penyiaran sebanyak 529 peminat, dan D4 Produksi Film dan TV sebanyak 478 peminat.

Leave a Comment