17.8 C
New York
27/10/2024
Budaya

Seni Budaya Betawi Membawa Decy Widhiyanti Raih Anugerah Asean Awards di Malaysia

Decy Widhiyanti (baju biru) saat Anugerah Asean Awards di Malaysia. (dok Decy)
Decy Widhiyanti (baju biru) saat Anugerah Asean Awards di Malaysia.(dok Decy)

JAKARTA – Possore.id – Decy Widhiyanti salah seorang perempuan dari Indonesia berhasil meraih Asean Awards di Malaysia, atas dedikasinya mengembangkan seni budaya Betawi di Indonesia.

Penghargaan tersebut adalah The ASEAN AWARDS dari ZJP Resources. Diberikan kepada Decy pada Selasa 21 Mei 2024 lalu di Days Hotel & Suites by Wyndham Fraser Business Park, Kuala Lumpur, Malaysia.

Adalah Hj Decy Widhiyanti, SE, selama ini memang dikenal sebagai salah satu sosok wanita yang cukup serius menangani tatarias pakaian pengantin. Terutama pengantin adat Betawi.

Adapun Anugerah Pengahargaan The Asean Award untuk Decy Widhiyanti tersebut, diberikan atas dedikasinya terhadap kiprah dan pengembangan seni budaya di Indonesia, khususnya budaya Betawi.

Selain Decy Widhiyanti dari Indonesia, juga ada tokoh perempuan penerima penghargaan mewakili negara masing-masing.

Antara lain Radziana Binti Dato’ Haji Abdul Wahab (Malaysia), Tomomi Sakura Ijuin (Jepang), wakil dari Singapore dan juga wajil dari Thailand.

Selain itu, dalam acara pemberian anugerah ini turut hadir tokoh dan budayawan dari Solo (Jawa tengah), NTB, Jakarta, Bali  dan Perwakilan dari Negara Singapura, Thailand, Jepang dan Malaysia selaku tuan rumah.

Sekedar diketahui, acara The Asean Awards adalah event Internasional untuk mengapresiasi tokoh-tokoh yang memiliki kiprah di bidang sosial, budaya, pendidikan, teknologi, organisasi kemasyarakatan. Tahun 2024 ini diselenggarakan di Malaysia oleh ZJP Resources.

Menurut Decy Widhiyanti, Betawi dan Malaysia adalah saudara serumpun Melayu. Hal ini mengisyaratkan makin erat tali persaudaraan antara Betawi dan seluruh potensi bangsa lainnya.

“Hal ini menunjukkan semakin kuatnya eksistensi kiprah para penerima penghargaan, berkumpul di malam ini menambah khidmat dan semarak acara penganugrahan penghargaan,” kata Decy.

Adapun acara pemberian penganugrahan penghargaan The Asean Award 2024 ini, kata Decy, diberikan langsung oleh Ibu Desi Scippher, pimpinan JZP Resources.

Decy Widhiyanti sendiri di Jakarta adalah pimpinan Sanggar Rias Pengantin dan Seni Budaya Betawi “Febrin House of Betawi”.

“Saya sering mendapatkan undangan kehormatan menjadi narasumber, terutama membawakan materi mengenai tata rias pengantin Betawi,” katanya.

Decy Widhiyanti dari Indonesia Raih Asean Awards di Malaysia, Sukses Kembangkan Seni Budaya Betawi
Decy Widhiyanti dari Indonesia Raih Asean Awards di Malaysia, Sukses Kembangkan Seni Budaya Betawi

Pada bulan November 2022 lalu misalnya, Decy diundang ke Lampung untuk memberi materi “Mengenal Lebih Dekat Tata Rias Pengantin Betawi Untuk Akad Nikah dan Resepsi”.

Acara Wedding Fair 2022 tersebut, digelar oleh Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pengusaha Pernikahan dan Gaun Pengantin Indonesia (DPD Appgindo) Lampung.

Di hari pertama, Decy tampil menyampaikan materi tentang “Tata Rias Pengantin Betawi Rias Bakal” yang digunakan pada acara akad nikah.

Sedang pada hari kedua dengan materi “Bahas Tuntas Seputar Baju Betawi Rias Besar” yang digunakan untuk acara resepsi pernikahan.

Untuk aktivitasnya di Jakarta, Decy memang tidak pernah diam. Istri dari suami pensiunan Bank Indonesia ini terus bergerak. Salah satunya mengelola sanggar rias pengantin “Febrin House of Betawi”.***

Leave a Comment