14 C
New York
27/10/2024
Aktual Ekonomi

Partisipasi HIMKI di Inabuyer B2B2G Expo 2024 Dukung Penggunaan Produk Dalam Negeri

JAKARTA—(PosSore.id) – Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa/LKPP, Hendrar Prihadi secara resmi membuka pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024 di Gedung Smesco Jalan Gatot Subroto Jakarta Rabu (15/5).

Inabuyer B2B2G Expo sendiri kata Hendrar Prihadi merupakan hasil kolaborasi HIPPINDO dengan Kementerian Koperasi & UKM yang didukung oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Smesco, yang diinisiasi oleh Spectindo.

Partisipasi HIMKI di pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024 ini adalah mendukung program Beli Buatan Indonesia, Bangga Buatan Indonesia dan Kampanye Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) -Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Inabuyer B2B2G Expo 2024 menampilkan serangkaian kegiatan mulai dari talkshow, diskusi panel, workshop, seminar, member gathering, hingga launching Komunitas Buyer yang akan mendukung percepatan penyiapan rantai pasok sehingga produk-produk yang bervariasi dapat tercipta dari acara ini.

Wakil Ketua Umum HIMKI Bidang Organisasi dan Hubungan Antar Lembaga Heru Prasetyo, mengungkapkan, pameran B2B2G Expo ini sangat bagus sebab dapat membuka peluang untuk pengadaan barang/jasa pemerintah dimana para UKM dan dapat mengakses melalui e-katalog.

“Ini peluang untuk teman-teman UKM agar bisa mendapatkan pengadaan barang/jasa pemerintah,” kata, Heru Prasetyo di sela-sela pameran. HIMKI sendiri membuka Stand di Lantai Dasar Gedung Smesco.

Heru berharap, para eksportir mendapatkan buyer untuk bisa memproduksi dan menjual ke luar (ekspor). Pameran yang saat ini digelar diyakini bisa mendatangkan buyer seperti diharapkan.

Menurut Heru, kalaupun buyernya untuk kebutuhan dalam negeri, dalam hal ini untuk kebutuhan pemerintah itu juga bagus, sebab instansi pemerintah mempunyai anggaran lumayan besar tahun ini.

Dengan dukungan dari berbagai asosiasi seperti HIMKI, AMSC, AISMOLI, PHRI, APGAI, WALI, HIPPINDO dan lainnya, Inabuyer B2B2G Expo 2024 harus menjadi landasan bagi pergerakan yang lebih besar dalam mendukung penggunaan produk dalam negeri.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal HIMKI Maskur Zainuri menegaskan tentang komitmen HIMKI mendukung penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan efisiensi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Menurut Maskur, pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024 menjadi ajang bagi industri mebel dan kerajinan Indonesia untuk lebih dikenal di pasar domestik maupun internasional karena dengan Inabuyer Expo ini banyak produk yang  dibeli oleh para buyer dari pemerintah, swasta, dan luar negeri.

Inabuyer B2B2G Expo 2024 juga diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkuat kolaborasi antara sektor pemerintah dan swasta, serta memperkuat ekosistem bisnis lokal untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun Indonesia yang lebih mandiri dan berdaya saing.

Hal ini dapat terlihat dari kolaborasi Kemenkop dan UKM dengan Kemenperin, HIPPINDO juga berkolaborasi dengan Kemendikbudristek untuk mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri, melalui pelatihan dan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan industry.

Seperti diketahui saat acara pembukaan, acara ini dihadri Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga; Wakil Menteri Pertahanan, Muhammad Herindra; Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman; serta Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah. (aryo)

 

Leave a Comment