8.9 C
New York
27/10/2024
Aktual Gaya Hidup

Tips Aman dan Nyaman Berbelanja Online

Foto: istimewa

JAKARTA (Pos Sore) — Tren berbelanja menggunakan berbagai platform digital kini semakin meningkat. Dengan beragam kemudahan dan keuntungan yang diperoleh, berbelanja online kini kian digemari konsumen.

Berbagai platform aplikasi e-commerce menjamur. Menyediakan beragam kebutuhan mulai dari fashion, hobi, perawatan kecantikan dan masih banyak lainnya.

Membuat masyarakat pun lebih nyaman dengan berbelanja online dibandingkan offline atau secara langsung.

Anggota Komisi 1 DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi, mengatakan, ada banyak sekali manfaat belanja online. Belanja jadi ebih praktis dan efisien.

Keuntungan lainnya adalah banyak variasi pilihan barang, banyak promo, dan cashback, juga sistem pembayaran yang sangat mudah.

“Namun, kita sebagai konsumen perlu mewaspadai ketika kita sering berbelanja online,” kata Bobby dalam Webinar “Ngobrol Bareng Legislator: Aman dan Nyaman Belanja Online”, Senin, 11 April 2022.

Menurutnya, saat kita sangat aktif membeli barang dengan online, maka itu akan mengganggu manajemen keuangan kita.

Tidak jarang barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi. Kita membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Belum lagi rawan penipuan.

Dikatakan, Indonesia mempunyai peraturan perundang-undangan terkait transaksi online, yaitu Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 dan PP 80 tahun 2019.

“Saya sampaikan kepada masyarakat bahwa perlu adanya pengetahuan mengetahui toko online-nya dengan secara cermat,” katanya.

Ia mengingatkan kepada para konsumen agar tidak mudah tergiur dalam berbelanja di ruang digital. Harga yang sangat murah, kadang kala dapat membohongi.

“Jangan juga terlalu terpacu pada testimony, kemudian simpan bukti transfer, perhatikan katalog produk, jangan lupa cek rekening penjual dan terakhir cek identitas penjual,” jelasnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bertransaksi. Terlebih ketika pesanan telah diterima.

“Jika kita berbelanja jangan asal membuang bungkus paket karena di situ ada data pribadi kita seperti nama, alamat dan no hp,” katanya.

Sebelum membuang pastikan data kita sudah terlindungi. Semisal dengan mencoret atau merobeknya. Bisa juga dengan digunting atau dibakar.

Dalam berbelanja juga terdapat etikanya. Seperti gunakan bahasa yang sopan ketika bertanya, jangan membandingkan harga, ucapkanlah permohonan maaf jika tidak jadi beli.

“Tawarlah dengan harga yang wajar, jangan menuntut keistimewaan, kemudian jujur dalam hal testimoni, dan terakhir jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih saat sudah selesai membeli,” paparnya.

Dirjen Aptika Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, mengatakan, Kementerian Kominfo mengemban mandat dari presiden Joko Widodo sebagai garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital Indonesia.

Dalam mencapai visi dan misi tersebut kementrian kominfo memiliki peran sebagai legulator, fasilitator, dan ekselerator dibidang digital Indonesia.

Dalam rangka menjalankan salah satu mandat tersebut terkait pengembangan SDM digital Kementerian Kominfo bersama gerakan nasional, litasi digital, cyber kreasi, serta mitra dan jejaringnya hadir untuk memberikan pelatihan.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan digital pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Berbagai pelatihan literasi digital yang diberikan berbasis empat pilar utama. Yaitu kecakapan digital, budaya digital, etika digital dan pemahaman digital.

Hingga tahun 2021 tahun program literasi digital ini telah berhasil menjangkau lebih dari 12juta masyarakat Indonesia.

Leave a Comment