14 C
New York
27/10/2024
Aktual Khazanah Nasional

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah, Minggu 3 April 2022

JAKARTA (Pos Sore) — Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Ahad, 3 April 2022.

Dikatakan, penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah ini berdasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), juga mengikuti sidang isbat ini, Jumat, 1 April 2022 sore.

Menteri Agama usai memimpin rapat sidang isbat menyampaikan menentukan hasil sidang isbat ada dua pertimbangan. Keduanya saling melengkapi.

Pertama, informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab). Kedua, hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal atau dengan cara melihat langsung keberadaan hilal.

Menteri menjelaskan, informasi hitungan hisab telah dilaporkan sejumlah Kantor Kementerian Agama di daerah yang dutempatkan pada 101 titik rukiyat di 34 provinsi. Hasilnya, tidak ada satu pun yang melihat hilal.

Posisi hilal sendiri belum memenuhi kriteria MABIMS atau aturan yang disepakati bersama Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS).

Hisab dikatakan terlihat jika memiliki ketinggian minimal 3 derajat dan elongasinya minimal 6,4 derajat.

“Namun ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada hari ini baru ada posisi antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit,” jelas Yaqut.

Dengan demikian, disepakati 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Itu berarti, puasa akan dilaksanakan pada Minggu dan salat terawih mulai dikerjakan pada Sabtu malam.

Leave a Comment