14 C
New York
27/10/2024
Aktual Kesra

Wapres Ma’ruf Amin : BLK Harus Mampu Jawab Tantangan Dunia Kerja

Wapres Ma’ruf Amin didampingi Menaker Ida Fauziyah ketika melakukan kunjungan ke BBVP Lembang. (Foto : Dok Humas Kemnaker)

BANDUNG BARAT (POs Sore) — Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengatakan persoalan ketenagakerjaan menjadi isu sentral yang mengemuka serta memerlukan langkah penting di dalam penanganannya.

Terlebih di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi COVID-19 maupun faktor global lainnya, katanya ketika melakukan peninjauan ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kementerian Ketenagakerjaan di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 23 Maret 2022.

Menurutnya, bonus demografi dapat membawa Indonesia menjadi negara yang memiliki tingkat pendapatan tinggi.

Tenaga kerja terampil dengan tingkat produktivitas tinggi menjadi kunci penggerak sektor industri potensial untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

“Pembangunan SDM unggul dan tenaga kerja terampil ini bersinggungan erat dengan dunia pendidikan dan pelatihan,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Untuk itu, lanjutnya, pelatihan vokasi merupakan bentuk implementasi bagi dunia kerja yang berpengaruh pada peningkatan kualitas tenaga kerja.

Diharapkan melalui program vokasi yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) akan tercetak tenaga kerja dengan keterampilan praktis dan siap kerja di berbagai industri.

Wapres menginginkan, ke depan BLK menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan global.

Solusi link and match permasalahan ketenagakerjaan agar terus di prioritaskan.(hasyim)

Leave a Comment