14 C
New York
27/10/2024
Aktual Nasional Pendidikan

“Lima Bangga”, Tipri Rose Kartika: Untuk Lebih Memajukan Polimedia

JAKARTA (Pos Sore) — Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) periode 2022-2026, Dr. Tipri Rose Kartika, SE, MM, menggagas Polimedia Bangga untuk menggenjot kualitas SDM.

Lima gagasan tersebut yaitu membangun gagasan, pengembangan kelembagaan, bangkit penuh gairah, berkembang sebagai keluarga, dan menyumbangkan tenaga kerja.

Dengan lima gagasan tersebut, menjadi semangat baru dalam penguatan akademik, pengembangan lembaga, peningkatan kerja sama, revitalisasi tata kelola sarana prasarana, serta keuangan dengan memaksimalkan kualitas SDM.

“Polimedia Bangga adalah langkah kami untuk memajukan Polimedia,” kata Tipri, di Polimedia, Jakarta, Kamis, 3 Februari 2022.

Tipri menyampaikan kelima gagasan tersebut diimplementasikan dalam bentuk peningkatan kualitas SDM, baik dosen maupun tenaga pendidikan.

Juga mengoptimalkan mahasiswa dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan peningkatan kelembagaan dengan sistem terintegrasi serta penguatan kemitraan dengan dunia industri dan dunia kerja.

Tipri menambahkan gagasan tersebut harus dioptimalkan dengan sistem yang teritegrasi dari hulu ke hilir. Dengan demikian, tercipta basis data yang kuat di seluruh sivitas akademika Polimedia, baik dosen, mahasiswa maupun tendik.

“Strategi ini dicanangkan guna pengembangan Polimedia dari internal hingga pengaruhnya ke dunia luar,” katanya.

PMB 2022
Terkait penerimaan mahasiswa baru 2022, Tipri Rose Kartika mengatakan Polimedia menyediakan kuota sebanyak 2.080 mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk calon mahasiswa jenjang D4 atau sarjana terapan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Sementara itu, untuk jenjang D3 melalui SNMPN dan SBMPN yang dapat didaftarkan melalui www.politeknik.or.id.

Saat ini, katanya, jalur prestasi (akademik atau non akademik) melalui SNMPTN untun D4 dan SNMPTN untuk D3 telah dibuka secara nasional dan diseleksi atas dasar rekomendasi sekolah dengan nilai rapor dan portofolio.

Hingga saat ini, Polimedia telah menghasilkan sebanyak 5.000 lulusan yang tersebar di industri kreatif dan menciptakan perusahaan rintisan.

“Kamu bersemangat untuk meningkatkan lebih banyak calon mahasiswa baru yang siap terjun ke industri kreatif pada penerimaan tahun ini,” katanya.

Menurut dia, Polimedia merupakan satu-satunya perguruan tinggi vokasi negeri yang bergerak di pengembangan industrI kreatif.

Polimedia saat ini sudah memiliki tiga kampus, yakni Jakarta, Medan dan Makassar. Di Kampus Jakarta terdapat 15 program studi yang terbagi dalam empat program studi, di antaranya Teknik Grafika, Penerbitan, Desain dan Pariwisata.

Sementara Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Medan dan Makassar terdapat, masing-masing lima prodi.

Leave a Comment