11.6 C
New York
28/10/2024
Aktual

Siloam Hospitals Jambi Sediakan Fasilitas ‘Cath Lab’ Guna Tingkatkan Layanan Jantung dan Pembuluh Darah

JAMBI (Pos Sore) — Setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19, pengoperasian alat Cath Lab Siloam Hospitals Jambi akhirnya diresmikan oleh Wakil Walikota Jambi, DR. dr. H. Maulana, MKM. Siloam Hospitals Jambi adalah rumah sakit swasta pertama yang menyediakan alat ini.

“Kami menyambut baik berbagai upaya peningkatan layanan kesehatan yang dilakukan manajemen Siloam Hospitals Jambi sehingga menumbuhkan kembali harapan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Kota Jambi. Kami pun berharap, ini dapat memacu pihak lain guna meningkatkan layanan yang dibutuhkan masyarakat,” katanya, Sabtu (26/9/2020).

Andry Sjamsu, EMBA, MARS, MM. CEO RS Siloam Jambi, menuturkan, RS Siloam Jambi menjadi rumah sakit swasta pertama yang menyediakan alat kateterisasi jantung dan angiografi itu. Sebelum peresmian, rumah sakit Siloam Jambi telah berhasil menangani lima pasien untuk tindakan kateterisasi jantung dan pemasangan stent koroner melalui Cath Lab ini.

“Karena adanya pandemi, kegiatan peresmian baru dapat dilakukan saat ini. Harapan kami, melalui alat Cath Lab ini, kualitas kesehatan jantung dan pembuluh darah pasien di Jambi semakin membaik, yang juga akan berimbas pada kualitas kesehatan pasien secara keseluruhan,” ujarnya.

Metode kerja alat ini menggunakan sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh. Misalnya, jantung untuk melihat adanya pontesi sejumlah penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada organ pembuluh darah dari pasien.

Alat yang digunakan dalam Cath Lab dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara rinci. Tindakan layanan melalui alat Cath Lab sangat membantu kinerja dokter spesialis secara akurat dalam penanganan operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

“Secara umum Cath Lab digunakan untuk prosedur jantung, seperti angiografi koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, cath lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti radiologi intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain,” jelas dr. Andry.

Cath Lab ‘Phillips Allura Xper FD20’ yang dimiliki Siloam Hospitals Jambi untuk pemeriksaan spesifikasi semua spektrum tindakan intervensional jantung dan pembuluh darah. Karena itu, jika mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah periksa saja ke rumah sakit yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, Paal Merah, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, itu.

Kegiatan peresmian operasional alat Cath Lab tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, dr. Hj.Ida Yuliati, MH.Kes dan perwakilan dari seluruh rekanan rumah sakit, dokter perujuk, corporate insurance dan wakil dari BPJS Kesehatan Kota Jambi.

Sejak berdiri pada 2011, Siloam Hospitals Jambi memiliki fasilitas lainnya di antaranya adalah 64 Slice CT Scan, 1.5 Tesla MRI, mamografi, dan 11 unit hemodialisa.

Siloam Hospitals Jambi juga diamanahkan pemerintah sebagai rumah sakit layanan pasien Covid-19. Dalam penanganannya pasien Covid-19, manajemen menerapkan secara ketat protokol kesehatan dan pelaksanaan clean and clear hospitals dengan memisahkan area pelayanan pasien Covid dan non Covid. Secara berkala, manajemen juga melakukan rapid test bagi seluruh petugas kesehatan yang bertugas di Siloam Hospitals Jambi. (tety)

Leave a Comment