12.3 C
New York
26/10/2024
Aktual

Sebabkan Berbagai Penyakit, Waspadai Nyamuk

JAKARTA (Pos Sore) — Manajer Program Penyakit Tropis WHO Indonesia, Anand Joshi, menyatakan, nyamuk menjadi ancaman bagi populasi 1,5 miliar manusia di kawasan Asia Tenggara. Lima penyakit tular vektor (vector-borne diseases) yang disebabkan nyamuk membunuh ribuan orang setiap tahun.

Penyakit yang disebarkan nyamuk adalah demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan nyamuk Aedes aegypti, malaria ditularkan Anopheles sp, filariasis atau kaki gajah ditularkan Culex sp/Anopheles sp/Mansonia sp/ Armigeres sp, japanese encephalitis ditularkan Culex tritaeniorhynchus, dan chikungunya ditularkan Aedes aegypti.

”DBD, misalnya, dulu hanya ditemukan di perkotaan, sekarang ditemukan penderita dari pedesaan. Filariasis telah menginfeksi 60 juta orang. Sementara itu, 75 persen populasi (sekitar 1,1 miliar) tinggal di area rentan malaria,” ujar Joshi, pada temu media ‘Waspadai Nyamuk: Lindungi Diri Kita’ yang menjadi tema Hari Kesehatan Sedunia tahun 2014, di Jakarta, Senin (6/4).

Dirjen Pengendalian Penyakit dan penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama, menyebut beberapa cara agar terhindar dari gigitan nyamuk. Di antaranya, pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M (menguras dan menutup bak air serta mengubur barang bekas yang bisa menampung air).

“Selain itu, ditambah pemberantasan perindukan nyamuk, dan perlindungan diri menggunakan kelambu berinsektisida, serta losion anti nyamuk menjadi tindakan untuk mencegah penyebaran penyakit tular vektor,” katanya. (tety)

Leave a Comment