17 C
New York
27/10/2024
Aktual

Film “Si Manis Jembatan Ancol”: Horor, Tegang, Komedi, Action

JAKARTA (Pos Sore) — Sudah pernah nonton film “Si Manis Jembatan Ancol” versi film dan sinetron? Nanti coba tonton film “Si Manis Jembatan Ancol” versi terbaru yang bakal tayang pada 26 Desember 2019.

Film Si Manis Jembatan Ancol memang remake dari film sebelumnya yang rilis pada 1973 dengan judul sama. Film yang diangkat dari kisah legenda hantu Si Manis Jembatan Ancol yang populer di kalangan warga Jakarta.

Apakah ketika membaca judul film tersebut, bayangan kita akan sama dengan film sebelumnya? Setelah menonton film ini ternyata alur ceritanya di luar ekspektasi kita karena tidak terduga akan seperti itu.

Filmnya memang bergenre horror, tapi juga diselipi dengan komedi. Untuk yang ini mungkin sama dengan versi sebelumnya yang juga ada unsur komedinya.

Banyolan para komika jebolan Stand Up Comedy antara lain Anyun Cadel, Arief Didu, Rispo lalu Tije Gukguk cukup mampu membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

Namun, film terbaru ini menjadi berbeda karena tidak ada lagi peran lelaki melambai yang bernama setan Ozi yang diperankan Ozy Syahputra sebagaimana film sebelumnya.

Ozy Syahputra dalam film versi terbaru ini justeru berperan sebagai pria jahat yang galak, kasar, dan tegas, meski dengan nama yang sama “Bang Ozy” si tukang rentenir.

Film yang diproduksi MVP Pictures bekerjasama dengan Umbara Brothers, ini juga cukup menegangkan ditambah ada adegan action dari pemeran utama, yang membuat menonton film ini semakin menarik.

Berbeda dari versi tahun 1973 ataupun sinetron yang tayang pada 1992-an, film “Si Manis Jembatan Ancol” garapan sutradara Anggy Umbara inj tak hanya menonjolkan aksi balas dendam tokoh utama.

Jika dibandingkan dengan film versi terbaru, film ini juga berkisah mengenai seorang perempuan yang diperkosa lalu dibunuh, yang kemudian si korban melakukan aksi balas dendam. Hanya saja, aksi balas dendam ada yang berbeda yang justru di luar ekspektasi.

Secara keseluruhan film ini bercita rasa “nano-nano”. Horror, komedi, action, sadis, menegangkan semua ada dalam alur cerita film yang menjadi satu kesatuan film yang menarik.

Apa yang menarik dari film yang berdurasi sekitar 118 menit itu? Film ini berkisah tentang Maryam (Indah Permatasari), seorang istri pengusaha ternama, Roy (Arifin Putra) yang mengalami kebangkrutan. Hubungan keduanya pun semakin merenggang.

Sejak menikah, Maryam seakan tak pernah dianggap oleh Roy. Di tengah jarak antara Maryam dan Roy, hadirlah sosok Yudha (Randy Pangalila), seorang pelukis yang penasaran pada Maryam. Diam-diam dia mengikuti Maryam saat berada di luar rumah dan melukisnya.

Sosok Yudha begitu berbeda dari Roy, membuat Maryam tertarik mengenalnya hingga bersedia menjadi model untuk lukisannya. Kehadiran Yudha membuat Roy cemburu dan merencanakan perbuatan jahat terhadap mereka berdua.

Melalui film garapannya, Anggy mengajak penonton terutama kaum hawa untuk bercermin dan mempertanyakan kebahagiaan hidup. Dia juga menyisipkan isu hak perempuan saat menjalani peran sebagai seorang istri.

Bagaimana kisah seutuhnya film ini, ya saksikan saja pada hari H-nya. Anda pasti akan berdecak kagum dan memberikan tepuk tangan riuh seusai menonton film ini sambil berguman, “film yang bagus dan menarik”.

Kisah Si Manis Jembatan Ancol memang melegenda. Film pertama Si Manis Jembatan Ancol dibuat pada 1973. Kala itu diperankan Lenny Marlina, Farouk Afero, dan Kris Biantoro.

Lalu, pada 1993 film yang menceritakan hantu cantik bernama Mariam itu dibintangi oleh Diah Permatasari dan Ozy Syahputra yang disutradarai Atok Suharto.

Film tersebut berawal dari serial yang tayang di salah satu stasiun TV swasta yang sukses pada masanya dan juga diperankan oleh Diah Permatasari bersama Ozi Syahputra. (tety)

Leave a Comment