13.6 C
New York
14/10/2025
Aktual

Bulog Pelopori Supermall Pangan Online Pertama di Indonesia

POS SORE — Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) secara resmi melaunching Supermall Produk Pangan Online yang diberinama PangananDotcom di Gudang Bulog Kanwil DKI Jakarta & Banten, Jalan Pelepah Raya Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (26/11).

PangananDotcom kata Dirut Bulog Budi Waseso, merupakan kombinasi sempurna antara online, Pusat Pangan Nasional dan bisnis pergudangan.

“Ini meupakan jawaban dari tantangan di era industri 4.0, yang memerlukan kolaborasi antar pihak agar tidak tertinggal,” tegas Budi Waseso usai membuka secara resmi Supermall Produk Pangan Online nya.

Saat ini jelas mantan Kepala Badan Narkotika Nasional itu, bisnis sudah tidak bisa lagi menggunakan pola kompetisi seperti sebelumnya. Yang diperlukan adalah kolaborasi menciptakan iklim baru yang mendukung inovasi, pertumbuhan agar memperoleh nilai tambah bersama.

“PangananDotcom, diharapkan menjadi king market atau supermall bahan pangan online yang terbesar di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat mendapatkan bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari dengan mudah dengan biaya pengiriman yang murah,” tuturnya.

Di sisi lain, PangananDotCom diciptakan sebagai salah satu upaya Bulog untuk dapat mensukseskan program bantuan pangan pemerintah melalui pemanfaatan teknologi digital. Ia pun berharap penerima bantuan dapat memperoleh bahan pangan dengan mudah dan harga yang sama di seluruh wilayah Indonesia,.

Pada acara peresmian ini Perum Bulog memperkenalkan 50 merek beras baru dengan berbagai macam kualitas seperti premium dan medium maupun beras khusus seperti beras merah, beras hitam, beras lokal daerah, dan beras organic.

“Dalam waktu tidak terlalu lama kita juga akan luncurkan lagi 50 jenis merek beras lagi supaya lebih kompetitif,” katanya.

Bulog juga memperkenalkan beras fortifikasi yang dilengkapi dengan 8 kandungan nutrisi dan merupakan salah satu upaya Bulog untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan gizi masyarakat dan mengentaskan stunting.

Menurut Budi Waseso, berbagai macam jenis brand yang diluncurkan tersebut menunjukkan komitmen Bulog untuk memberikan beras yang berkualitas dan memberikan pilihan yang sesuai dengan preferensi konsumen di Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog, Imam Subowo mengatakan, sejak soft launching, jumlah pengunjung PangananDotCom menunjukkan tren peningkatan.

PangananDotCom merupakan platform online yang dibangun oleh Bulog bekerja sama dengan PT Istoreisend Elogistic Indonesia, PT Shopee Internasional Indonesia, dan PT JNE Indonesia.

Melalui platform ini juga, Bulog akan menggaet program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk pelaksanaan penyaluran bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).”Ini salah satu program Bulog untuk mensukseskan program bantuan pangan pemerintah melalui platform digital,” tutur Imam.

Penyaluran BPNT melalui PangananDotCom akan mulai diuji cobakan pada Januari-Maret 2020 di kawasan Jabodetabek, April-November 2020 di seluruh Pulau Jawa, dan Desember 202 di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini Rudy Tanoesoedibjo, Executive Chairman DNR Corporation yang juga sebagai President Director PT. Istoreisend Elogistic Indonesia.

Juga hadir Handhika Jahja, Marketing Director PT. Shopee Internasional Indonesia dan Mohamad Feriadi, Presiden Director PT. JNE Indonesia selaku pihak-pihak yang berkolaborasi dengan Perum BULOG pada platform e-commerce PangananDotCom. (aryo)

 

Leave a Comment