12.3 C
New York
26/10/2024
Gaya Hidup

Anak Kian Akrab dengan Perangkat Pintar

Di jaman modern seperti ini dengan kehadiran beragam perangkat canggih, membuat anak-anak di era ini semakin akrab dengan perangkat pintar itu. Melihat anak usia 2 tahun bermain dengan gadget terbaru, bukan hal aneh lagi. Tak jarang, anak-anak tergila-gila dengan perangkat mobile itu. Ya, begitulah gaya hidup masyarakat urban saat ini.

Riset terbaru mengungkapkan begitu sukanya pada gadget, anak lebih cepat menguasai smartphone ketimbang mengikat tali sepatu sendiri. Kok dikaitkan dengan tali sepatu?

Baby Center menyebut mengikat tali sepatu merupakan salah satu pencapaian penting untuk anak berusia mulai dari lima tahun. Ini menandakan, sang anak sudah menunjukkan kemandiriannya. Kemampuan motorik pun berkembang saat mengikat tali sepatu ataupun mengancingkan bajunya.

Namun kini dengan hadirnya smartphone, anak ternyata lebih mampu memainkan gadget tersebut ketimbang mengikat sepatunya. Itu yang terungkap dari survei yang dilakukan terhadap 6.017 orangtua dari berbagai negara yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Republik Ceko, Australia, Brazil, Kanada dan New Zealand.

Dalam survei tersebut diketahui, anak berusia dua tahun sudah mampu bermain gadget, lebih cepat dibanding melakukan pencapaian dasar yang sesuai di usia tersebut. Survei juga memaparkan 89% orangtua mengakui anak mereka sudah aktif di dunia maya pada usia 6-9 tahun.

Sebanyak 65% anak lainnya menghabiskan waktu selama dua jam untuk bermain internet setiap minggunya. Di Amerika presentasenya justru lebih besar karena ada 12% anak yang bisa menghabiskan 10 jam setiap minggunya. (tety)

Leave a Comment