11.4 C
New York
27/10/2024
Aktual

Sutradara Bantah Lakukan Plagiat Film ‘Surat dari Praha’

JAKARTA (Pos Sore) — Film ‘Surat dari Praha’ dituding melakukan plagiat dari buku novel berjudul sama oleh penulisnya, Yusri Fajar. Tuduhan tersebut jelas sangat disayangkan terlebih tudingan itu dilontarkan dan dipublikasikan sebelum film kami dirilis di bioskop sehingga belum dapat diakses oleh publik.

“Tuduhan plagiasi ini, secara nyata telah merugikan nama baik kami karena pemberitaan secara sepihak yang menggiring opini publik untuk menghakimi kami tanpa legal standing yang kuat,” kata Angga Dwimas Sasongko, yang menyutradarai film produksi Visinema Pictures tersebut, di Jakarta, Senin (1/2).

Angga menambahkan, film tersebut organik dari hasil riset dari berbagai narasumber. “Kami dapat data primer. Kami pergi ke Praha ketemu dengan orang tersebut (narasumber). Ini berdasarkan fakta sejarah,” tandasnya.

Dia mengaku justru belum pernah membaca buku karya Yusri sebelum menggarap filmnya. Karenanya, tudingan tersebut sama sekali tak berdasar.

“Buku itu juga sulit didapat karena hanya satu kali cetak pada 2012. Barulah ada seorang teman yang berhasil mendapatkan dan mengunggah isinya ke media sosial, baru bisa dibandingkan. Sekarang di mana letak plagiasinya?” tegasnya seraya membantah dirinya telah menerima surat somasi dari Yusri Fajar.

‘Surat dari Praha’, katanya, telah memiliki sertifikat hak cipta yang dikeluarkan oleh Ditjen HKI Kemenkumham dan telah mendaftarkan paten atas judul yang sama di kelas 41 terkait dengan Film Bioskop, kelas 9 terkait dengan Cakram Digital dan kelas 16 terkait dengan Poster.

“Kesamaan Judul pada media seni yang berbeda adalah hal yang biasa terjadi dan bukan bentuk pelanggaran hak cipta karena hak cipta melindungi isi/konten, bukan judul sebuah karya. Judul Surat dari Praha (Letter from Prague) sebagai buku juga pernah digunakan oleh Sue Gee pada tahun 1994 dan juga oleh Raya Czerner Schapiro dan Helga Czerner Weinberg pada tahun 1991,” tambahnya.

Menanggapi tudingan-tudingan tersebut, Visinema Pictures sebagai perusahaan film yang memproduksi film Surat Dari Praha telah mengirimkan somasi balik yang sampai saat hari ini tidak ada tanggapan maupun respon yang dari pihak Yusri Fajar.

“Kami merasa sudah menunjukkan itikad baik maksimal dengan menghubungi baik saudara Yusri maupun penasihat hukumnya namun selalu ditolak,” ujarnya.

‘Surat dari Praha’ sendiri dibintangi oleh Tio Pakusadewo, Widyawati, Julie Estelle, Rio Dewanto, dan Chicco Jerikho. Film yang diproduseri Glenn Fredly ini telah dirilis pada 28 Januari 2016. (tety)

Leave a Comment